Mengubah Lokasi Folder Screenshot Windows 8 Dan 10

Untuk mengcapture layar atau istilahnya  screenshot di Windows 8 dan Windows 10 tidak diharapkan lagi tool atau software suplemen menyerupai pada Windows Windows sebelumnya. Hanya dengan menekan kombinasi tombol Windows+Print screen (icon Windows+Prt sc di keyboard) maka otomatis layar tercapture dan menghasilkan file gambar berekstensi PNG yang tersimpan di Istimewa folder Screenshots (Pictures\Screenshots). Dan secara default (bawaan Windows) sasaran folder dari Screenshot lokasinya berada di: C:\Users\<username>\Pictures\Screenshots.

Dengan pertimbangan tertentu, contohnya mempermudah backup, mempermudah untuk memanage file-file hasil screenshot tersebut, dll, kita sanggup mengubah lokasi penyimpanannya ke lokasi folder atau drive yang lain yang diinginkan.


Misalnya aku akan memindahkan sasaran folder screenshot ke drive E:\Captures

1. Buka File Explorer ( Windows explorer),   buat Folder gres di E dengan nama Captures.
2. Setelah folder gres siap, lalu browse/masuk ke folder This PC\Picture.
3. Klik kanan pada folder Screenshots, lalu pilih Properties.


4. Pilih tab Location.
5. Klik tombol Move.




6. Browse ke drive E dan arahkan ke folder Captures (karena aku ingin memindahkan ke folder E:\Captures, untuk anda silakan set sesuai harapan anda). jikalau sudah dipilih foldernya lalu klik Select Folder.

7. Pada jendela selanjutnya sanggup dilihat lokasi gres adalah E:\Captures, lalu klik Apply, klik OK.


Akan ada pertanyaan apakah file-file screenshot yang sebelumnya akan dipindah ke lokasi baru? terserah anda, boleh ya boleh tidak, jikalau tidak dipindah dan suatu ketika anda akan membutuhkan file screenshot usang maka anda tinggal masuk ke lokasi C:\Users\<username>\Pictures\Screenshots.


Sekarang sasaran folder Screenshot sudah berpindah ke lokasi yang diinginkan. ketika melaksanakan screenshot maka akan diarahkan ke lokasi baru. E:\Captures.




Sumber https://www.tipstriks.com/