Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Instrumen Nomor 4

Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 4 | Mempersiapkan bukti fisik legalisasi sekolah instrumen nomor 4 merupakan persiapan bukti fisik standar isi.

Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor  Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 4

Bukti fisik Standar isi sangat terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran di sekolah. pada instrumen nomor 4 yang merupakan standar isi mencantumkan pernyataan pengembangan perangkat pembelajaran pada kompetensi siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.

Perhatikan pernyataan yang terdapat pada instrumen standar isi nomor 4 dibawah ini. Baca dengan teliti apa yang diinginkan pada instrumen nomor 4 dibawah ini.

Instrumen 4

Guru menyebarkan perangkat pembelajaran pada kompetensi keterampilan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi
  1. 91%-100% guru menyebarkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi keterampilan
  2. 81%-90% guru menyebarkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi keterampilan
  3. 71%-80% guru menyebarkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi keterampilan
  4. 61%-70% guru menyebarkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi keterampilan
  5. Kurang dari 61% guru menyebarkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi keterampilan

Jika kita cermati standar isi pada instrumen legalisasi nomor 4, penilaian legalisasi terdapat pada jumlah persentase guru yang menyebarkan perangkat pembelajaran kompetensi keterampilan yang sesuai dengan tingkat kompetensi siswa.

Keterampilan sanggup diamati pada keterampilan penerima didik yang dipelajari di sekolah ataupun dari sumber lain relevan dalam sudut pandang/teori.

Keterampilan sanggup di rincikan dengan keterampilan mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar. Dalam ranah kasatmata keterampilan ini meliputi acara menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat.

Sedangkan dalam ranah abstrak, keterampilan ini meliputi acara menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang.

Untuk mempersiapkan bukti fisik yang lebih baik mari sama-sama kita melihat Petunjuk Teknis dari instrumen nomor 4 berikut ini.

Petunjuk Teknis 4

Kompetensi Inti Keterampilan pada pendidikan menengah yakni mengatakan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: (a) efektif,  (b) kreatif, (c) produktif, (d) kritis, (e) mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif dalam ranah kasatmata dan abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi keterampilan meliputi:
  1. Program tahunan dan acara semester.
  2. Silabus
  3. RPP
  4. Buku yang dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
  5. Lembar kiprah terstruktur dan kegiatan mandiri
  6. Handout.
  7. Alat penilaian dan buku nilai (Sikap sosial siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran).
Dibuktikan dengan:
  1. Dokumen:
    1. Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 4 (keterampilan) dan kompetensi dasar.
    2. Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur dan kegiatan sanggup bangun diatas kaki sendiri tidak terstruktur yang diberikan kepada siswa.
    3. Dokumen hasil penilaian keterampilan kinerja, proyek dan portofolio.
  2. Wawancara dengan guru mata pelajaran ihwal kompetensi inti keterampilan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.

Jika di amati dari Petunjuk teknis legalisasi sekolah nomor instrumen 4, pengumpulan bukti fisik merupakan perangkat pembelajaran, teladan kiprah yang diberikan siswa berupa latihan dan Pekerjaan rumah, dan hasil penilaian pada guru mata pelajaran.

Bukti Fisik

Kumpulkan semua perangkat pembelajaran guru dan jenis kiprah yang pernah diberikan kepada siswa
Kumpulkan dokument hasil penilaian guru matapelajaran
Download : Instrumen Pegumpulan Data dan Informasi Nomor 1 - 4
Download : Pedoman Telaah Buku Guru dan Buku Siswa
Download : Analisis Buku Guru
Download : Analisis Buku Siswa
Sumber https://www.cararingkas.com/