Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, Dan Suvenir

Yang menjadi khas Padang Minangkabau Sumatera Barat dimulai dari makanan, minuman, oleh-oleh, hingga suvenir telah membius para traveler untuk membelinya supaya lengkap sudah liburan di nagara bundo kanduang ini. Semua hasil karya urang awak ini telah terkenal diseluruh dunia bahkan selalu dicara sesudah menginjakan kaki selama beberapa hari. Banyak sekali pilihan yang akan anda masukan di dalam itinerary perjalanan nanti kami berhasil menghimpun semua warta yang diharapkan yaitu yang menjadi unik khas dari Padang Sumatera Barat sebagai kawasan Ranah Minangkabau ini sanggup menjadi referensi anda sebelum pulang kembali ke kawasan masing-masing. 

Berikut daftar yang anda cari yang kami tulis dalam artikel cukup lengkap khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yaitu makanan, minuman, oleh-oleh, hingga suvenir yang sanggup menjadi referensi anda untuk dibawa ke kawasan asal sesudah trip menyenangkan sepanjang masa ada di nagari yang elok ini, berikut klarifikasi lengkapnya:

WISATA KULINER.
Ada beberapa masakan khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yang harus anda coba masuk dalam kateregori sebagai berikut:

#1. Makanan.
Anda tentu sudah mengetahui masakan yang wajib harus dicicipi selama liburan di kawasan ini. Banyak sekali jenis olahan masakan yang tersaji di meja makan ini ada beberapa masakan yang wajib anda coba dan harus masuk dalam sajian makan siang atau makan malam. Rasa bumbu yang terasa, ada pedas, manis, gurih, dan alhasil ngangenin.

--> Rendang Daging Sapi.
Poto credit: foodandwine.com

Memang masakan ini sudah dari generasi ke generasi dan pastinya waktu zaman dahulu sebagai hidangan penghormatan di acara-acara penting adat, nikahan, atau tagak gala {pemberian gelar} harus ada bahkan wajib. Sekarang ini hidangan enak yang telah diakui keberadaannya sebagai masakan paling enak di dunia ini memakai bumbu rempah yang sangat lengkap, santan kelapa kental, dan daging sapi pilihan. Proses memasaknya sangat panjang dan lama, kalau bertambah gurih dan nikmat rendang ini dimasak bersama kayu bakar. Hampir semua rumah makan menyeiakan rendang daging sapi ini sebagai sajian unggulan dan harus anda coba.



--> Gulai Kepala Ikan.
Poto credit: resepcaramasak.org

Ada kawasan di pesisir pantai dengan olahan masakan yang sangat enak yaitu gulai kepala ikan utuh. Rempah yang dipakai memang sangat banyak dengan santan kental yang berpadu dengan bumbu yang dipakai tersaji enak untuk satu piring segera sanggup dinikmati untuk dua orang. Jika anda punya nyali dengan ukuran kepala ikan medium tentu merasa puas terobati rasa kangen yang ingin terjawab eksklusif di kawasan asal. Daerah yang paling lebih banyak didominasi gulai kepala ikan ini ialah di Padang Pariaman dan Pesisir Selatan sebagai surganya hasil tangkapan bahari yang cukup berlimpah yang menciptakan pengecap anda tidak berhenti mengunyah saking lezatnya hidangan ini.

--> Ayam Pop.
Poto credit: pengusahasukses.com

Olahan daging ayam terutama jenis kampung telah menyihir selera para traveler yang pastinya enak didampingi dengan sambel khusus. Proses pembuatannya memakai air kelapa ini dan beberapa bumbu dapur kemudian digoreng. Warnanya tentu berbeda hanya putih saja tidak menyerupai ayam goreng pada umumnya. Hidangan ini banyak disajikan di rumah makan Minang yang ada di kota Padang dan harus anda coba. Untuk problem rasa tidak kalah enak dengan ayam goreng bumbu Padang biasa, sekali anda coba niscaya akan ngangenin.

--> Itiak Lado Mudo.
Poto credit: ksmtour.com

Kalau jenis olahan masakan ini berasal dari kota Bukittinggi dan sanggup anda jumpai di kawasan Ngarai Sianok. Daerah yang terletak di lembah bukit dan di tepi sungai ini aneka macam tempat makan disana menyeiakan olahan belibis dengan sambel ijo, pastinya rasa sangat enak dan dagingnya empuk hingga bumbu meresap hingga ke tulang. Pastinya, dikala anda berada di kota Bukittinggi sempatnya buru masakan ini supaya anda sanggup menjadi saksi sejarah betapa lezatnya hidangan yang berkualitas tinggi ini. Lokasi kawasan jalan ke lokasi ini masih sama dikala anda ingin ke Taruko Cafe Resto, untuk hingga ke sana harus melewati tempat makan Itiak Lago Ijo ini.

--> Nasi Kapau.
Poto credit: sabigaju.com

Masih juga berada di kota Bukittinggi, ada nama kawasan yang berjulukan kapau ada hidangan satu piring lengkap dengan beberapa sajian isian yang bervariasi yang sanggup dipilih menyerupai ayam gulai Minang, daging rendang sapi, ayam goreng berbumbu, usus sapi {tambunsu} isi telur, atau sayuran kol dengan kacang panjang, masih banyak lagi. Pajangan jenis olahan masakan ini ada diatas tempat yang lebih tinggi dari tempat duduk pembeli dan penjual duduk diantara olahan masakan dan mengambil jenis pilihan olahan sajian yang dipilih oleh pembeli dengan sanduak. Untuk menikmati hidangan ini anda ada los lambuang di pasar lereng bersahabat dari pasar atas Bukittinggi. Sekali anda mencobanya niscaya akan minta "tambuak ciek" alasannya ialah lezat. Nasi Kapau ini sangat menyerupai dengan nasi Padang yang membedakannya asal sajian ini berasal dari nagari Kapau.

--> Sambel Ijo Minang.
Poto credit: bukumasakan.com

Setiap rumah makan niscaya ada sambel ijo sebagai sajian untuk memperlezat dikala makan. Jenisnya sangat majemuk dimulai dari olahan matah dan disiram dengan minyak kelapa panas, hingga sambel yang dimasak matang. Tetapi yang paling banyak disenangi ialah sambel jenis hijau yang rasanya pas tidak terlalu pedas dan cocok sekali di pengecap Indonesia dan turis. Tetapi tergantung dari penjualnya apakah memakai cabai hijau keriting atau cabai rawit yang akan menghipnotis rasa pedas tadi. Tetapi dari estetika rasa masih dalam zona enak dan ngangenin jenis sambel ini alasannya ialah adonan bumbu diam-diam yang menciptakan rasa berbeda untuk hidangan makan siang atau makan malam. Ada rasa manis, pedas, dan adonan sedikit terasi bahkan jeruk menawarkan zona nyaman makan menjadi berselera. Bahkan ada rumah makan menambahkan ikan asin, ikan teri goreng, ditambah dengan pete tentu lebih maknyus.

--> Sate Padang.
Sate Padang Kuah Merah Padang Pariaman. Poto credit: brupple.com

Rasa Sate Padang orisinil di wilayahnya tentu akan terasa berbeda, olahan bumbu yang lebih lengkap akan tercipta hidangan yang sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap olah sate orisinil di Sumatera Barat yang terkenal berasal dari Pariaman, Padang Panjang, dan Payakumbuh. Yang membedakannya ialah kuah sate dan memakai daging yang berbeda-beda dimulai dari daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang {lokan sebutan penduduk lokal}. Bahkan fenomena terbaru ada tambahan daging burung puyuh yang ada di Padang Pariaman sudah mulai dipakai ternyata rasanya berbeda. Saat anda berada di kota ini harus mencoba olahan sate yang akan menciptakan pengecap anda tid berhenti mengunyah.

--> Sala Lauak.
Poto credit: min.wikipedia.org

Kalau yang ini sajian snack yang sanggup digado eksklusif atau adonan di masakan berkuah lainnya menyerupai ketupat sayur Padang. Sala Lauak ini berasal dari Padang Pariaman yang terbuat dari tepung beras, bumbu pilihan, dan daging ikan. Kudapan ini banyak tersaji di pagi hari atau sore hari sebagai snack tetapi rasanya sangat gurih dan enak cocok sekali berdamping dengan beberapa jenis masakan lainnya dan pastinya kalau anda penggemar Sate Padang sangat cocok juga di cocol dengan sala ini. 

--> Bubur Kampiun.
Poto credit: apasih.web.id

Kuliner manis ini untuk satu porsi isinya bermacam-macam, jenis kolak yang yang dipakai menyerupai kolak pisang dan ubi jalar dan kacang ijo dicampur dengan bubur putih dari tepung beras. Setelah semuanya masuk dalam satu porsi kemudian disiram dengan gula merah. Menu ini sudah mulai langka dan menjadi hidangan yang diburu dikala bulan pahala sebagai sajian pembuka. Anda jangan khawatir untuk keseharian masih ada penjual yang tetap giat menjual hidangannya menyerupai di kota Padang tepatnya di Pasar Simpang Haru. Untuk problem rasa anda akan ketagihan dan akan kembali lagi dikala berada di kota ini.

--> Bika Si Mariana.
Poto credit: batamnews.co.id

Kuliner masakan bika yang terbuat dari tepung beras dan adonan gula merah ini sudah ada semenjak tahun 1960-an. Lokasinya apabila anda berada dari kota Padang Panjang menuju Bukittinggi lokasinya sebelum Pasar Koto Baru. Jenis masakan ringan snack yang terkenal ini masih dimasak di tunggu dengan kayu bakar dimana proses memasaknya bara api di bawah dan atas tunggu secara bergantian supaya matangnya merata. Untuk varian kini ini sudah mulai ada adonan pisang yang tentu akan menggugah selera anda dikala berada di sana.

#2. Minuman.
Jangan salah, Ranah Minang juga ada olahan minuman yang tetap sanggup anda nikmati dengan rasa yang sangat gurih, manis, dan pastinya cukup gampang ditemukan di sekitar kawasan wisata. Minuman ini memang menurut pengalaman dari generasi ke generasi yang telah ada zaman dahulu dengan memanfaatkan materi yang ada dan cocok dinikmati di waktu senggang bahkan dikala nongkrong. Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat ini termasuk jenis minuman yang memang disenangi bahkan hingga kini tetap bertahan, berikut pilihan minuman yang unik dan harus anda coba di dikala berada disana.

--> Kopi Kawa Daun.
Poto credit: goodnewsfromindonesia.id

Minuman ini diolah dari daun kopi yang sangat banyak ditemukan di kawasan Batusangkar dimana dizamannya di dikala buah kopi yang dipanen dihentikan dinikmati oleh penduduk lokal hanya sanggup dimanfaatkan oleh penjajah Belanda. Fenomena dikala itu penduduk lokal memanfaatkan daun kopi sebagai pilihan untuk menikmatinya, hasil olahan ini menyerupai sebagai teh daun kopi yang diseduh air panas dan uniknya diminum di batok kelapa yang dijadikan wadah untuk diminum. Di dikala anda berada di Nagari Pariangan ada menemukan spot tempat minum di atas bukit yang menyediakan minuman Kopi Kawa Daun sebagai idola dan harus anda coba.

--> Teh Talua.
Poto credit: saribundo.biz

Olahan minuman teh yang sangat luar biasa dipadukan dengan telur ayam kampung menawarkan jenis minuman energy drink alami hadir di Ranah Minangkabau Padang Sumatera Barat. Minuman ini sesungguhnya dibentuk dikala pagi hari sebelum beraktifitas bertani dan berkebun dan memang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran badan sehingga favorit diminum di perkampungan tempo dulu. Sekarang tetap diminum hampir seluruh nagari telah ada bahkan dirumah makan besar sekalipun juga tersedia dan harus anda coba. Rasanya manis dan gurih dan diberikan perasan jeruk nipis untuk menawarkan kesegaran, pastinya tidak anyir sama sekali.

--> Aia Aka.
Poto credit: robbyybie.com

Minuman tradisional unik pastinya hadir di kota Padang dan beberapa tempat wisata terkenal di Sumatera Barat berjulukan Aia Aka. Minuman dari air daun kacang dan pastinya ada agar-agar warna hijau dari daun tersebut sebagai aksesori untuk satu gelas penyajian. Bahkan pilihan lainnya ada diberi santan kelapa sebagai penggurik minuman. Banyak penduduk lokal beropini dipakai sebagai minuman kesehatan panas dalam dan memang terbukti menawarkan kesejukan dikala diminum dan pastinya rasanya sangat segar menyejukan manis dan gurih.

--> Es Tebak.
Poto credit: sajiansedap.grid.id

Sekilas menyerupai es campur yang menyerupai pernah anda lihat ada adonan agar, tape, roti, kolang kaling, kelapa muda, cincau, dan lainnya. Yang menjadi unik ialah tebak yang menyerupai mirip cendol tetapi terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu kemudian dimasak bersama sejumput garam. Tebak ini harus ditambah dari adonan lainnya diberikan es serut dan diberikan pemanis dalam bentuk sirup merah. Saat kini ini jajanan es tebak ini sudah mulai terlupakan tetapi jangan khawatir di pasar tradisional di kota Padang tepatnya di Pasar Raya masih ada penjual yang tetap setia menjual es tebak ini sebagai masakan wajib yang harus anda coba dikala berada di kota Padang atau di Bukittinggi.

--> Jus Pinang Muda.
Poto credit: ulinulin.com

Mungkin sebagian orang masih asing, minuman ini sempat booming beberapa tahun terakhir di tempat nongkrong tang terbuat dari pinang muda dicampur dengan madu dan beberapa tambahan lainnya sudah tentu niscaya ada ditambahkan telor belibis yang diambil kuningnya saja. Banyak yang menawarkan testimoni minuman ini cocok sekali sebagai energy drink yang sangat alami yang sanggup anda coba tentunya sehat dan menyehatkan. Memang benar adanya minuman ini setiap derah juga ada tetapi setiap kawasan mempunyai keunikan dalam rasa dan penyajiannya.

#3. Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat.
Untuk jenis oleh-oleh orisinil dari Ranah Minang tentu saja sudah mulai dilirik sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jenis yang paling disenangi jenis keripik balado, karak kaliang, sarang balam, dakak-dakak, dan lainnya. Bahkan dikala kini ini sudah juga ada rendang yang dijadikan oleh-oleh tidak dari jenis daging sapi saja dari jenis daging ayam, jengkol, hingga kerang {lokan} juga disediakan oleh penjual. Rekomendasi terbaik membeli di toko oleh-oleh khas Padang sebaiknya eksklusif dari sentra wisata alasannya ialah anda telah memajukan UMKM penduduk setempat.



#4. Suvenir.
Tidak hanya makanan, minuman, dan oleh-oleh khas. Anda juga harus mempunyai beberapa suvenir anggun yang juga berasal dari Ranah Minang menyerupai kain songket dari Silungkang dan Pandai Sikek. Pilihan lainnya juga ada berupa pakaian muslim, baju kurung, hingga mukena sholat di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Pastinya pilihan lebih menarik dan harga yang diberikan tentu grosir kalau anda membeli lebih banyak. Saat berada di Bukittinggi anda juga harus sempatkan tiba ke pasar tradisional ini yang aneka macam penduduk lokal yang mempunyai pengrajin handal dan pastinya kualitas terbaik untuk satu unit pakaian yang akan anda pilih. Sekitar jam gadang juga banyak tersedia suvenir anggun lainnya menyerupai gantungan kunci, baju kaos, hingga tas etnik anggun dengan harga menarik. Semua hasil karya UMKM ini selalu dicari oleh para turis dikala menikmati suasana Jam Gadang Bukittinggi.

Sumber https://plesirankotatua.blogspot.com/