FASTER86.COM - Tampilan Baru Avanza Yang Sangat Dinantikan di Indonesia Bila mengingat tujuan awal rancangan Avanza yang lahir pada 2003, maka desain gres yang bakal hadir pada tahun ini seperti Toyota sedang bermain judi. Jika menang sang fenomenal kembali duduk di bangku nyaman, bukan tergopoh mengikuti kenyataan pasar low MPV.
Avanza merupakan salah satu pelopor, selain Daihatsu Xenia, yang membentuk pasar jenis kendaraan beroda empat kategori low MPV. Avanza membentuk definisi MPV 'murah' berupa kendaraan beroda empat keluarga, muat tujuh penumpang, berpenggerak roda belakang, dan harganya lebih murah dari Kijang yang didamba masyarakat ketika itu.
MPV Avanza lahir ketika Indonesia masih dalam masa transisi krisis moneter. Model yang namanya diambil dari bahasa Italia, Avanzato, dengan arti "peningkatan" ini diusahakan melanjutkan gelar "mobil masyarakat" yang diemban Kijang.
Desain Avanza khusus Indonesia merupakan paket kecil dan murah Kijang. Ramuan Toyota itu sanggup melontarkan Avanza lebih fenomenal ketimbang Kijang. Bila Kijang butuh 25 tahun untuk mencapai penjualan 1 juta unit, Avanza cuma perlu 10 tahun mencapainya.
Saat ini usia Avanza sudah mendekati 16 tahun, kalau dihitung siklus normal desain kendaraan beroda empat setiap lima tahun, seharusnya model yang diproduksi Astra Daihatsu Motor ini sudah tiga kali melewati tahap generasi baru.
Toyota pernah mengklaim desain generasi kedua Avanza lahir pada 2011 yang ditandai kemunculan Veloz. Bisa dipahami butuh waktu delapan tahun buat Avanza mencapai siklus generasi kedua lantaran desain Avanza masih sanggup diterima masyarakat dan tidak ada perlawanan berarti dari para pesaing.
Pada 2015 Toyota meluncurkan big minor change pada Avanza dengan konsep "Grand New". Perubahan itu bukan generasi ketiga, namun kadar pengembangannya hingga mengganti mesin 1.300 cc dan 1.500 cc menjadi berteknologi Dual VVT-i.
Siklus desain Avanza memang tidak setiap lima tahun. Namun kalau mengikuti contoh yang sudah terjadi, logikanya Toyota menyiapkan Avanza terbaru yang kabarnya bakal meluncur 15 Januari nanti yaitu generasi ketiga alasannya yaitu pas delapan tahun semenjak generasi kedua.
Sepertinya taktik Toyota tidak menyerupai itu. Dari penampakan foto dan video yang beredar di dunia maya, para insinyur Toyota hanya mengemas desain facelift.
Pada November kemudian CNNIndonesia.com sudah mengetahui para petinggi perusahaan dealer Toyota sudah menerima materi presentasi Avanza terbaru. Berurut semenjak itu, pada Desember, pengenalan desain gres Avanza diberikan ke kepala cabang, manajer sales, dan ketika ini sudah hingga ke tenaga penjual.
Per selesai Desember hingga awal Januari ini Toyota diketahui sudah mendistribusikan unit Avanza terbaru ke dealer-dealer yang posisinya jauh di timur. Lantas sedikit demi sedikit distribusi dilakukan ke wilayah yang semakin bersahabat dengan lokasi produksinya di pabrik Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta Utara.
Berdasarkan foto dan video yang beredar, wajah Toyota Avanza 2019 berubah jadi terlihat sangat modern. Tata letak lampu-lampu, bumper, dan gril dibentuk futuristis dan terlihat glamor menyerupai MPV Toyota lain yang jauh lebih mahal, yaitu Voxy dan Vellfire.
Menariknya wajah gres itu kontras dengan siluet konvensional Avanza pada pilar A dan pilar D yang tidak berubah semenjak generasi pertama. Meski sudah ganti muka, bakalan masih terasa Avanza model usang kalau dilihat dari samping atau belakang.
Desain menyerupai ini sanggup jadi mengesankan Avanza terkini menjauhi konsep "mobil masyarakat". Menarik juga dinanti bagaimana desain Avanza ini diterapkan pada varian Transmover yang diperuntukkan buat kebutuhan kendaraan beroda empat kerja.
Belum ada pernyataan resmi dari Toyota, namun kemungkinannya bab mesin dan sistem gerak roda belakang sama menyerupai sebelumnya.
Pihak Toyota Astra Motor (TAM) sudah berulang kali bilang Avanza memang tidak akan berubah drastis mengikuti para pesaingnya, menyerupai Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander yang memakai penggerak roda depan.
Toyota ngotot lantaran merasa desain Avanza yang sudah ada sanggup diterima masyarakat. Buktinya, meski Xpander melawan sengit sepanjang 2018, Avanza tetap model paling laku pada segmen low MPV bahkan masih terlaris di antara semua kendaraan beroda empat yang dijual di Indonesia.
Lihat juga: Rekap Tarung Avanza Vs Xpander Sepanjang Tahun
Mungkin itu juga yang mendasari Toyota merasa Avanza hanya butuh penyegaran kosmetik dan sentuhan teknologi canggih semoga memenuhi selera masa kini.
Estetika itu membungkus bodi yang desain awalnya terinspirasi Kijang kapsul, dimensi diubahsuaikan kondisi jalan dan ukuran garasi rumah, serta sistem gerak roda belakang yang cocok buat geografis Nusantara.
Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan "Avanza terbaru sudah sesuai harapan konsumen". Studi pengembangan desain Avanza dan Xenia disebut dilakukan terpisah.
Penampakan desain Avanza terbaru 2019 menuai polemik warganet. Sebagian di antaranya mengeluh lantaran bukan generasi ketiga, ada juga yang menyampaikan Toyota terlalu berusaha mengarahkan Avanza menyerupai
Lihat juga: Rekap Tarung Avanza Vs Xpander Sepanjang Tahun
Mungkin itu juga yang mendasari Toyota merasa Avanza hanya butuh penyegaran kosmetik dan sentuhan teknologi canggih semoga memenuhi selera masa kini.
Estetika itu membungkus bodi yang desain awalnya terinspirasi Kijang kapsul, dimensi diubahsuaikan kondisi jalan dan ukuran garasi rumah, serta sistem gerak roda belakang yang cocok buat geografis Nusantara.
Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan "Avanza terbaru sudah sesuai harapan konsumen". Studi pengembangan desain Avanza dan Xenia disebut dilakukan terpisah.
Penampakan desain Avanza terbaru 2019 menuai polemik warganet. Sebagian di antaranya mengeluh lantaran bukan generasi ketiga, ada juga yang menyampaikan Toyota terlalu berusaha mengarahkan Avanza menyerupai desain Xpander, dan lainnya bilang tidak terlalu suka.
Bukan cuma negatif, rupa gres Avanza juga dinilai positif oleh sebagian orang. Ada yang mengagumi tampang yang dikatakan keren dan lainnya bilang apapun desain Avanza niscaya laku di pasaran.
Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190104171328-384-358564/avanza-model-baru-seolah-toyota-sedang-berjudi
Sumber https://www.faster86.com/