Ponorogo Selayang Pandang


salam anget lur...artikel kali ini membahas wacana ponorogo selayang pandang.berbicara wacana kabupaten ponorogo merupakan kawasan yang mempunyai potensi yang tinggi.hal ini dilihat dari sejarah dan aneka macam aspek yang ada.walau dalam kenyataan masih ada kekurangan kalau dibandingkan dengan kawasan lain.dari kekurangan tersebut sanggup digunakan sebagai pemacu untuk lebih baik dan lebih maju.


Berdasarkan keputusan Bupati Kepala kawasan Tinggkat II Ponorogo nomor 851 tahun 1996 tanggal 17 juli 1996 hari jadi Ponorogo jatuh pada tanggal 11 Agustus 1496 bertepatan dengan hari Ahad Pon.
Berdasarkan Sejarah pada tahun 986 sampai 1037 M didaerah setono, Kec Jenangan pernah bangkit kerajaan Wengker yang sangat disegani oleh Prabu Erlangga raja kahuripan.Kerajaan Wengker dikala itu dipimpin oleh Raja  Kettu Wijaya.Adanya kerajaan Wengker,Prabu Erlannga sangat silau dan berusaha untuk mengunggulinya.Penyerangan Prabu Erlangga Ke Kerajaan Wengker berlangsung tiga kali serangan adalah di tahun 1031,1035, dan berhasil menang di tahun 1037.

Kemudian di tahun 1200 berdirilah Kerajaan Bantarangin di desa sumoroto,kecamatan Kauman.Raja Bantarangin Prabu Klana Sewandono didampingi oleh patihnya  R. Klana Wijaya/Pujonggo Anom atau biasa disebut Bujang Ganong.Dari sinilah awal terjadinya kesenian "Reog Ponorogo".
baca juga : Ponorogo menjelang tahun 1486
Berdirinya Ponrogo ditahun 1496 dengan wilayah seluas karesidenan madiun, merupakan bukti  nyata bahwa ponorogo merupakan tempat yang strategis untuk sentra pemerintahan dikala itu.Ponorogo semenjak awal sudah mempunyai ciri-ciri khas antara lain dalam bentuk kesenian, Busana, Makanan/Minuman dll.
Pusat aktivitas perekonomian dikala itu bertempat di pasar pon.Namun menjelang tahun 1837 mobilitas penduduk bergeser ke arah barat dan muncullah pasar Mernung.Pasar Mernung sendiri kini dikenal dengan nama Pasar Legi Songgo Langit.

Ponorogo mempunyai luas wilayah 1.371,78 km persegi dengan batas-batas :
  1. wilayah Utara : Kab.Magetan, Kab.Madiun, Kab.Nganjuk
  2. Wilayah Timur :  Kab.Tulungagung dan Kab.Trenggalek
  3. Wilayah Selatan : Kab.Pacitan
  4. Wilayah Barat : Kab.Pacitan dan Kab.Wonogiri (Prop.Jawa Tengah)

Secara geografis ponorogo terletak pada :


Jumlah Penduduk Kabupaten Ponorogo Hasil Sensus Penduduk Tahun 2000 Dan 2010


untuk statistik lain sanggup dicek sendiri di website bps ponorogo

Dari kemajemukan yang ada ponorogo menerima banyak sebutan ibarat Ponorogo Kota Sate, Ponorogo Kota Warok, Ponorogo Kota Reog, Ponorogo Kota Batik ( alasannya pada tahun 1960 industri batik berkembang dengan subur), Ponorogo Kota Santri, Ponorogo Kota Seribu Pondok.

Sekian hanya sedikit gosip yang sanggup ditulis biar bermanfaat :)


Sumber https://wengkersite.blogspot.com/