Membedakan Ikan Cichlid Jenis Cyphotilapia Frontosa

termahal - Jenis ikan Cyphotilapia Frontosa yang termasuk salah satu jenis Cichlid yang eksotik, jenis ikan ini banyak di sukai karna bentuk dan teksturnya yang unik dan mempunyai daya tarik tersndiri.

Sehingga mungkin kita sering kebingunggan, bagaimana membedakan tiap jenis dari ikan ini, dikarenakan dari bentuk yang tidaklah banyak perbedaannya/ hampir sama.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa ikan yang piure blood itu sering menjadi salah satu pertanyaan, banyak beberapa peternak dan pehobis yang menyilangkan satu jenis dengan jenis yang lain, Ada banyak faktor tentunya, ada yang di karenakan ingin tau akan hasil dari hybrid tersebut, tentunya akan melahirkan jenis gres yang sering ditambahin dgn simbol SP (spesies) jikalau spesies gres ini terdata mungkin tidak akan jadi masalah, yang jadi persoalan yaitu spesies yang lpas dari pendataan, sehingga beredar lah ikan yang tidak terperinci jenisnya, sehingga mungkin banyak kejadian seseorang membeli ikan yang kebingunggan dari jenis ikan yang diluar dari spesies asli, sehingga menjadi hal penting untuk mempertanyakan blood line atau piure blood dari ikan ini. Karna akan memilih jenis dan spesiess dari ikan itu sendiri

Baiklah, dari beberapa poin permasalahan tersebut, aku dengan segala keterbatasan ilmu mencoba mengulas wacana cara membedakan jenis frontosa.

Dapat di bayangkan jija kita membeli barang yang kita tidak tau jenis apa yang kita beli, dan tentunya tiap jenis tersebut bekerjasama dengan harga. Dimisalkan
Seseorang sanggup saja menjual ikan jenis A sementara kualitas dari seri B atau sebaliknya, ya di karenakan bentuk dari spesies yang sulit untuk di bedakan.

Cyphotilapia yang sering disebut Frontosa dibedakan dan di beri nama dari wilayah asal ikan tersebut di danau tanganyika..
Beberapa jenis yang telah beredar di pehobis dan peternak kita diantaranya :
  • Burundi
  • Kingoma
  • Kapampa
  • Mpimwe
  • Moba
  • Mikula
  • Tanzania
  • Black Widow dll
Secara umum sanggup di bedakan dengan melihat kafetaria (garis melintang) pada seluruh tubuh dan ciri kafetaria khusus pada muka bab bersahabat mata ikan

Cyphotilapia Frontosa Burundi

Dengan ciri 6 kafetaria di mukanya terdapat kafetaria yang melintang dari atas kepala lurus kebawah mirip codetan melewati bab muka. Dan benjolan di kepala dan ukuran lebih bear dari jenis yang lainnya

Cyphotilapia Frontosa Kingoma

Dengan ciri mempunyai 7 kafetaria dan sirip atas rada kekuningan.

Cyphotilapia Gibberosa Kapampa

Gibberosa yaitu istilah yang gres di populerkan skitar th 2003, ini untuk membedakan spesies, biasanya lebih ke yang mempunyai warna biru. Sebutan lain untuk spesies ini juga sering di kelompokkan ke dalam Blue Zaire. Diantaranya yang berasal dari Kitumba, Kapampa, Moba, Mikula, Tempwe, Morilo dll.
Ciri secara khusus kapampa sanggup di lihat dari kafetaria yang hampir mirip dengan mikula, mirip menggunakan jambang/godeg rada tegas mengarah sedikit kebawah.

Cyphotilapia Gibberosa Mpimwe

Memiliki ciri khusus kafetaria di bab muka/di sekitar mata, cendrung hitam melingkar di seputar mata atau berupa kafetaria melintang horizontal dari mata ke depan arah moncong, dan di bab benjolan di kepala cendrung berwarna biru sirip kepala lebih bercorak khusu satu warna tampa terkena oleh warna glap kafetaria mirip jenis yang lain. Memiliki warna biru yang tidak stabil, terkadang sanggup menjadi dingin sesuai mood dan kondisi ikan terhadap lingkungan, parameter air dan birahi.

Cyphotilapia Gibberosa Moba

Memiliki kafetaria di muka bab kiri dan kanan, simetris hampir mirip segitiga menutupi sebagian kepalanya yang rada menonjol. si bule sering memaka istilah Zorro Mask (Topeng Zorro). Dengan warna biru yang lebih kental malah lebih mendekati ke warna ungu.

Ciphotilapia Gibberosa Mikula

Memiliki kafetaria di muka bab pipi dwngan simetris hampir sama mirip ciri dari kapampa dan moba cuman ujung dari godeg/yang ibarat jambang mengarah kebawah lebih cendrung lancip di bab ujung bawah.
Memiliki warna biru yang lebih ke unguan dengan kestabilan warna lbih baik. Jenis Gibberosa atau blue zaire ini sperti moba, mpimwe, kapampa, mikula dan lain lain semua berwarna biru, makanya sya tidak mengakibatkan biru sebagai tolak ukur untuk jenis ini.

Cyphotilapia Frontosa Black Widow

Ini merupakan salah satu jenis frontosa yang unik, yang sering di sebut gagal belang di karenakan kerusakan gen faktor lain lain, ciri khusus tekstur sangat praktis si ketahui dengan belang yang tidak beraturan yang terkadang bundar bulat mirip panda, malah ada yang hampir hilang warna marking hitamnya, terkadang juga sering di sebut Platinum, tentunya sangat jarang untuk sanggup mendapatkannya.. Karna kemungkinan akan sangat sesikit dan karang untuk hasil minim marking.
Selanjutnya sanggup di lihat dan perbandingan tiap jenis dari foto lampiran di bawah.

by Uda Hexa