25+ Pola Paragraf Deskripsi (Singkat & Panjang) Perihal Lingkungan, Hewan, Sekolah, Manusia, Tumbuhan, Benda Dan Sebagainya

Paragraf deskriptif ialah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan terang sehingga pembaca seperti menyatakan atau mengalami sendiri hal atau insiden yang digambarkan. Dalam menulis paragraf deskripsi, penulis dituntut untuk menjabarkan objek yang telah dilihatnya secara detail. Aspek-aspek yang menjadi pemaparan penulis dalam karangannya bisa berupa keadaan, tempat, sifat dan perasaan.


Paragraf atau teks deskriptif sanggup pula disebut paragraf pemerian lantaran paragraf tersebut bertalian dengan perjuangan untuk memperlihatkan perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan atau diamati. Oleh lantaran itu sangat sempurna jikalau paragraf deskriptif selalu digunakan untuk menggambarkan objek-objek hasil observasi.
 ialah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan terang sehingga pembaca seolah 25+ Contoh Paragraf Deskripsi (Singkat & Panjang) Tentang Lingkungan, Hewan, Sekolah, Manusia, Tumbuhan, Benda dan Sebagainya
Pada kesempatan kali ini kita akan berguru mengenai contoh-contoh paragraf deskripsi yang bertopik ihwal lingkungan, sekolah, binatang atau binatang, manusia, flora dan benda baik dalam bentuk paragraf panjang maupun paragraf singkat. Untuk itu, silahkan kalian simak klarifikasi berikut ini. Selamat membaca dan belajar.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Lingkungan
Contoh 1:
Keindahan Alam Pantai Pangandaran
Ketika berada di pantai, tentu ada keinginan untuk me nyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Begitu pula, ketika berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit dan terbenam sanggup disaksikan dengan indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran menciptakan kita bisa menikmati matahari terbit di sisi pantai timur dan karam di sisi pantai barat.

Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan terlihat perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka bahtera tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang digunakan sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata.

Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, peng inapan, dan toko kelontong. Hal ini sangat menarik jikalau mengabadikan pantai dengan sahabat atau keluarga dalam media foto atau video. Selain itu, hal ini pun sanggup dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Contoh 2:
Tanjung Lesung Resort
Liburan panjang kemarin kau pergi ke Tanjung Lesung Resort. Air bahari yang hening memberi keindahan tersendiri ketika memandangnya dari beranda Krakatau Bar, Tanjung Lesung Resort. Sebuah pemandangan yang menakjubkan, serasa berada persis di bibir pantai lantaran pantulan warna air dari kolam renang di depan kafe seakan menyatu dengan air laut. Tak berlebihan jikalau banyak yang melukiskan keindahan pantai ini laksana surga.

Contoh 3:
Sungai Yeh Ayung
Sungai Yeh Ayung ialah sebuah sungai terpanjang di Bali. Dengan panjang 68,5 km, sungai ini melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Muara sungai ini terletak di sebelah utara Pantai Padang Galak, Sanur. Sedangkan hulu sungai berada di Kintamani, Bangli.

Di daerah Gianyar, Sungai Ayung dimanfaatkan untuk wisata rafting atau arung jeram. Sungai ini memang dikenal mempunyai arus yang deras dan menantang sehingga banyak yang ingin melaksanakan arung riam disana. Air dari sungai ini juga dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah di sekitarnya dengan sistem Subak.

Contoh 4:
Keindahan Kota Magetan
Aku ialah seorang penduduk dari salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota yang saya tempati ialah sebuah kota kecil tetapi sangat indah yaitu berjulukan kota magetan. Mungkin lantaran saking kecilnya kota ini menciptakan nama ini begitu absurd bagi pendengaran kalian. salah satu kota yang menjadi batas antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Yang berada sempurna di bawah lereng Gunung Lawu, lantaran termasuk dalam wilayah pegunungan kota ini sangat segar dan sejuk. Sehingga kota ini mempunyai julukan ASRI yaitu Aman, Segar, Rindang dan Indah. Selain itu kota ini juga mempunyai salah satu tempat wisata andalan yaitu Telaga Sarangan.

Kota magetan ialah salah satu kota yang sepi penduduk, apabila telah memasuki malam setelah  Isya kota ini akan sepi. Walaupun kalian sedang berada di daerah perkotaan, kecuali untuk hari sabtu malam, khususnya di alun alun. Kota ini mempunyai satu alun-alun dengan luas sekitar 800 m persegi yang berada sempurna di depan Masjid Agung.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Sekolah
Contoh 1:
Taman Depan Sekolahku
Taman depan sekolahku tampak sederhana. Bentuknya mirip parabola yang disandarkan miring ke pagar depan. Pada posisi tengah dibuat kolam kecil, arena bermain ikan emas dan gurame, sedangkan di kanan kiri kolam ada watu bulatan yang ibarat pagupon. Amat unik.

Taman ini tidak luas, bahkan bisa dikatakan sangat kecil jikalau dibandingkan luas pekarangan sekolah. Lebih kurang 40m2 terlihat semakin indah dengan aneka ragam bunga yang menghuninya.

Sebelah kiri dan kanan pohon palm, 4 m tingginya. Daunnya cukup lebat berdampingan dengan watu pagupon. Tepat di samping kiri, hampir batas taman terdapat pohon cemara. Setiap pohon palm dan pohon cemara termasuk watu pagupon tadi, dikelilingi bunga-bunga yang berwarna-warni.

Contoh 2:
Lapangan Sekolah
Lapangan sekolah kami berada sempurna di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan flora lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan?

Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di erat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berkhasiat sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Contoh 3:
Keadaan Sekolah di Pagi Hari
Ruangan itu masih tampak sepi ketika saya datang. Hanya ada tiga orang murid, termasuk aku. Di luar sana, tepatnya di halaman, hanya ada beberapa anak sedang ngobrol. Pak Samin, tukang kebun sekolahku, terlihat sedang menyapu halaman. Sementara, Pardi, anaknya yang gres berumur lima tahun, terlihat ikut membantu ayahnya menyiram tanaman. Makin siang, makin banyak murid yang datang. Beberapa diantaranya pribadi masuk keruangan mereka. Ada juga yang mampir ke kantin atau sekadar duduk di taman sambil membaca buku.

Contoh 4:
Tiang Bendera
Sekolahku mempunyai tiang bendera dengan tinggi sekitar 7 meter. Letaknya berada di sebelah barat lapangan. Tiang tersebut terbuat dari besi dan dicat putih. Di bawahnya terdapat podium berukuran besar dengan materi watu granit. Konon anabawang di sekolah ini dihentikan menginjak podium itu. Jika melanggar, akan dikenakan hukuman oleh OSIS sekolah. Setiap hari Senin diadakan upacara bendera. Bendera kemudian diturunkan pada sore harinya.

Contoh 5:
Keindahan Sekolahku
Sekolahku mempunyai daerah higienis dan sangat indah, dan mempunyai udara yang sangar sejuk. Karena sekolah tersebut berada sempurna dibawah lereng Gunung Merapi. Yang mempunyai halaman parkir dan bola voli yang luas pada potongan depan sekolah. Pada potongan samping kiri sekolah ditumbuhi oleh banyak sekali macam tumbuhan, sehingga melengkapi keindahan sekolahku.

Karena termasuk sekoah favorit, lantai semua ruangan pada sekolahku sudah menggunakan keramik. Sekolahku memililki sekitar 30 ruang kelas, sehingga sekolahku terlihat luas. Karena semua ruang kelas berada sempurna di atas tanah atau tidak di tingkat.

Sekolahku mempunyai sebuah masjid yang biasa digunakan sholat oleh guru maupun para siswa. Bukan hanya itu masjid di sekolahku juga biasa digunakan untuk kegiatan sekolah. Seperti halnya pondok ramadhan, persentasi atau untuk pelajaran agama.

Karena termasuk sebagai salah satu sekolah yang maju, sekolahku mempunyai 4 laboraturium yang berbeda. Warna seragam olahraga merah hitam menjadi ciri khas dari sekolahku. Selain itu waktu masuk tercepat juga menjadi salah satu keunikan dari sekolahku.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Hewan

Contoh 1:
Blacky
Aku mempunyai kucing berjulukan Blacky, ia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus. Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing keakunganku.

Contoh 2:
Gajah
Gajah ialah mamalia darat terbesar yang dikenal lantaran mempunyai belalai dan gading. Gajah merupakan binatang herbivora yang sanggup memakan semua jenis vegetasi mirip rumput, daun, dan buah. Hewan ini mempunyai kulit berambut tipis, empat kaki, mempunyai ekor, dan bertelinga lebar.

Gajah biasanya hidup berkelompok. Karena mempunyai daun pendengaran yang lebar, pendengaran gajah menjadi sangat sensitif sehingga bisa mendengar bunyi dari jarak sekitar sepuluh kilometer. Hewan ini termasuk binatang langka yang dilindungi. Banyak pemburu mengincar gajah lantaran harga gadingnya yang sangat mahal.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Manusia
Contoh 1:
Santi
Gadis yang berambut ikal dan berkulit sawo matang itu berjulukan Santi. Ia dilahirkan di Kota Medan, 7 Juli 1996. Umurnya 10 tahun. Kedua orang tuanya menjulukinya si kancil yang pintar, lantaran selain pandai ia pun sangat lincah dan periang.

Hobinya membaca, menulis surat, dan bermain sepatu roda. Ia juga suka bermain lompat tali dan congklak dengan teman-temannya. Kemudian, hal yang paling berkesan dalam hidupnya ialah ketika ia menjadi juara menyanyi. Adapun pandangan hidupnya, kejujuran ialah mata uang yang berlaku di mana-mana.

Contoh 2:
Temanku yang Baik tapi Tertutup
Selama saya mengenalnya, ia ialah sosok yang baik dan menyenangkan. Dia juga selalu tahu bahwa saya sedang berduka atau kesusahan tanpa pernah sekalipun saya menceritakan kepadanya. Tak ayal, ia pun sering membantuku melewati masa-masa sulit yang kualami.

Sayangnya, ia mempunyai sifat yang tertutup dan terlalu lugas ketika berbicara. Hal itulah yang menciptakan jumlah teman-temannya sedikit dibanding dengan yang lainnya. Padahal, jikalau orang-orang mau memahami dan mendapatkan sifatnya, pasti mereka akan menerima perlakuan baik mirip yang telah saya rasakan.

Contoh 3:
Sujasmin
Di sudut erat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Sujasmin. Dia menggunakan celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari-hari dideritanya. Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat sanggup dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya.

Contoh 4:
Pak Budi
Pak budi merupakan salah satu guru disekolahku. Rambut pak budi berwarna hitam serta pendek dan rapih. Warna rambut pak budi begitu kontras dengan warna kulit sawo matangnya. Pak budi juga mempunyai mata yang begitu sipit dan berwarna biru.

Dan juga mempunyai alis yang begitu tebal. Dai mempunyai badan tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 60 kg. Tubuhnya yang sangat atletis itu menciptakan pak budi bercita-cita menjadi seorang polisi,tetapi nasib yang telah membawanya menjadi seorang guru. Dan kini kini pak budi menjadi salah satu guru IPA disekolahku.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Tumbuhan
Contoh 1:
Pohon Mangga
Aku mempunyai pohon mangga di sudut tenggara rumah. Tingginya sekitar 4 meter dan sudah bercabang banyak. Ayahku secara rutin memangkasnya supaya tidak menjorok ke jalan dan rumah tetangga di sebelahnya. Saat ekspresi dominan berbuah, saya melindungi bakal buah dengan plastik supaya tidak dimakan binatang. Buahnya sangat manis dan nikmat. Aku sangat suka menaiki ranting pohonnya lantaran berpengaruh dan bisa dijadikan tempat berteduh.

Contoh 2:
Buah Kersen
Buah kersen merupakan buah yang mempunyai nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk lingkaran kecil dan berwarna hijau ketika gres tumbuh. Menjelang matang, warna buah ini akan menguning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat lembut dan mirip mirip biji-bijian yang bentuknya sangat kecil, serta mempunyai rasa yang manis.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Benda
Contoh 1:
Kursi Ruang Tamu
Kursi yang disimpan di ruang tamu itu terlihat sangat indah. Warnanya yang biru muda sangat cocok dengan warna dinding ruangan itu. Kursi empuk yang dibalut kain berbahan halus itu berbentuk setengah lingkaran di sudut ruangan. Kaki dingklik tidak terlihat lantaran seluruhnya ditutupi kain. Kursi itu pun dihiasi bantal berenda yang cantik.

Contoh 2:
Bintang Antares
Barangkali pembaca mengenal bintang Antares, yaitu bintang yang paling terang di rasi Scorpio, warna bintang ini kemerah-merahan. Antares ialah sebuah bintang raksasa, jari-jarinya 300 kali jari-jari matahari (atau 200 juta kilometer).

Andaikan matahari memuai sebesar itu, planet-planet Merkurius, Venus, dan Bumi akan “tertelan” oleh matahari. Demikian besar bintang Antares tersebut, tetapi materi bintang ini renggang sekali, rata-rata hanya mengandung materi sebanyak 0,0001 gram setiap cm3-nya.

Contoh 3:
Ruang Kerjaku
Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Aku melaksanakan bisnis online sehingga saya bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. Terdapat beling jendela besar menghadap ke timur sehingga saya bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah.

Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan. Aku menentukan tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap pribadi ke jendela supaya saya mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi.

Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, hingga non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di erat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman hambar atau cemilan.

Contoh 4:
Sepeda Kesayanganku
Aku mempunyai sepeda yang berwarna biru laut, yang sering saya gunakan untuk pergi ke sekolah. Selain saya gunakan untuk pergi kesekolah, sepeda itu juga sering saya gunakan untuk bermain dengan kawan-kawanku. Sepeda tersebut ialah salah satu hadiah yang diberrikan orang tuaku ketika saya juara kelas.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Makanan
Contoh 1:
Bolu Pandan
Saat bolu pandan buatannya dihidangkan kepadaku, amis pandan pribadi tercium oleh indera penciumanku. Saat saya mencicipinya, tekstur lembut dan manis pribadi menyeruak ke dalam mulutku.Sungguh, ia cendekia sekali menciptakan masakan ringan manis ini!

Contoh 2:
Dendeng Balado
Dendeng Balado ialah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar, kemudian dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Hal itu dilakukan semoga daging tersebut menjadi kering.

Setelah usai dijemur daging tersebut kemudian digoreng hingga kering dan matang, kemudian kemudian diberi bumbu balado yang terbuat dari cabe dan bumbu lainnya. Bumbu balado tersebut menciptakan warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Tekstur dagig yang kering, serta rasa pedas dari bumbu balado akan terasa di pengecap ketika Dendeng Balado disantap.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Kejahatan
Contoh:
Penyelundupan Rudal
Banyaknya penyelundupan sejumlah senjata rudal jenis Strela SA-7 buatan Rusia dari Kamboja ke Thailand dan meningkatnya agresi terorisme mengkhawatirkan negara-negara Asia-Pasifik. Senjata rudal jenis ini sangat ringan dibandingkan kedahsyatan jawaban yang ditimbulkannya.

Pesawat tempur sekuat apapun akan jatuh terkapar terkena hantamannya, apalagi hulu ledak SA-7 ini dilengkapi inframerah sehingga sanggup mencari dan mengejar sasaran dengan sendirinya. Ke mana pun pesawat terbang berlari Rudal SA-7 akan mengejar dan memburunya seolah mempunyai mata dan nyawa.

Panjang Rudal SA-7 hanya 1,40 meter tidak lebih dari rentangan tangan seorang anak kecil usia 10 tahun. Lebar akupnya hanya 0,30 meter dengan daya jangkau 500 hingga dengan 5.000 meter. Walaupun hulu ledaknya hanya 1,1 kg Rudal ini tergolong high explosive mempunyai daya ledak tinggi.

Oleh alasannya ialah itu sangat berbahaya jikalau digunakan oleh teroris, terutama jikalau ditembakkan ke pesawat-pesawat komersial. Pasti kena dan pasti hancur.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Seni
Contoh:
Pameran Kerajinan Australia
Pameran karya kerajinan pengrajin Australia di Museum Nasional, Jakarta, menyuguhkan karya dengan sentuhan seni modern. Ada mangkuk, teko, perlengkapan minum, botol, vas, lampu minyak, nampan, dan sebagainya ditata dalam nuansa satu gaya. Warna-warna yang khas dan natural pada karya kerajinan itu mengakibatkan gambaran tersendiri di mata pengunjung.

Apalagi ruangan yang sejuk dan tata cahaya seimbang menambah kesan barang-barang yang dipamerkan begitu menarik. Tidak hanya itu, alunan lembut musik tradisional Australia yang disuguhkan dalam ruangan pameran, dengan sound system di kiri kanan ruangan menciptakan para pengunjung merasa nyaman.

Ingin rasanya kami mempunyai salah satu saja barang yang terpampang di ruangan ini. Cuma harga yang ditempelkan itu yang menciptakan kami kecewa. ”Mahal!” ”Mana mungkin kita bisa beli jikalau standar harganya dolar”. Ungkap salah satu rekan kami, dengan penuh kesal.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Rumah
Contoh:
Rumah Yulisa
Rumah Yulisa terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang menciptakan suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Yulisa.

Dinding rumah Yulisa berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih higienis menciptakan rumah Yulisa sangat yummy dipandang.

Di dalam rumah Yulisa posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi. Lantainya higienis serta harum ruangannya menciptakan orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.

Sumber https://blogbahasa-indonesia.blogspot.com/