Resiko Perjuangan Catering Rumahan Dan Cara Mengatasinya

Resiko dan Cara Mengatasi Usaha Catering Rumahan Resiko Usaha Catering Rumahan dan Cara Mengatasinya

Resiko Usaha Catering – setiap perjuangan niscaya memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali perjuangan catering rumahan. Selain kelebihan dan kekurangan ada juga resiko yang harus dihadapi jikalau anda ingin membuka bisnis rumahan ini. Sebelum anda mengenal resiko berbisnis katering, ada baiknya anda baca terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan perjuangan katering.

Tujuan anda mengenal resiko perjuangan katering yakni, supaya ketika anda terjun ke bisnis katering anda tidak kaget dan tidak panik ketika menghadapi dilema ini. Selain itu dapat anda jadikan solusi untuk menghadapi resiko ini.

Resiko Usaha Katering Rumahan dan Cara Mengatasinya


1. Resiko Usaha Katering, Makanan Tidak Enak


Keahlian memasak ialah salah satu elemen terpenting dalam bisnis katering rumahan. Jika anda ingin membuka perjuangan catering pastikan masakan anda enak, setidaknya kuliner yang anda buat dapat diterima oleh pelanggan anda.

Masalahnya ialah setiap orang memiliki pengecap dan selera yang berbeda beda, sehingga sulit sekali menciptakan kuliner yang memiliki cita rasa yang lezat walaupun yang mencicipi sama. Salah satu cara mengatasi dilema ini ialah dengan menciptakan rasa kuliner sesuai dengan cita rasa lokal.

Sebagai referensi anda membuka perjuangan katering di kawasan jawa timur, yang notabene menyukai masakan yang pedas – pedas. Maka anda dapat menciptakan kuliner yang berbahan dasar cabe atau yang berselera pedas. Jika anda tidak mahir dalam menciptakan masakan pedas, anda dapat menyewa koki setempat atau warga setempat yang memang mahir memasak.

2. Resiko Usaha Katering, Salah Memilih Bahan Baku


Pemilihan materi baku yang berkualitas sama pentingnya dengan menciptakan masakan yang enak. Kualitas materi akan menentukan hasil selesai dari masakan anda. Semakin baik materi baku yang anda pilih, semakin lezat pula kuliner yang akan anda hasilkan.

Kesalahan dalam menentukan materi baku sangat fatal dampaknya, kemungkinan terburuknya yakni pelanggan anda keracunan lantaran masakan anda. Sebagai contoh, pilihlah ayam dari pemasok yang dapat dipercaya, jikalau tidak ayam yang dijual ialah ayam tiren.

Cara mengatasi resiko ini adalah, dengan membeli materi baku dengan kulitas baik. Anda dapat membeli materi baku dari pemasok terpecaya anda, yang anda sudah tahu asal permintaan barang itu. Dan jangan hingga anda mengejar laba dengan mengesampingkan kualitas.

3. Resiko Usaha Katering, Kecerobohan Karyawan


Ada banyak insiden yang dapat menciptakan kita rugi, khusnya yang disebabkan oleh karyawan :
  • Masalah masakan yang gosong/masakan tumpah – dilema ini niscaya akan anda alam jikalau anda berbisnis katering. Masalah ini akan menjadi fatal jikalau konsumen anda sudah menunggu pesanannya, ini akan bedampak jelek pada nama baik catering anda.
  • Piring atau peralatan dapur pecah – dilema ini umum terjadi di bisnis katering rumahan. Walaupun kerugian yang ditimbulkan tidak besar, jikalau ini terjadi berkali – kali akan menjadi pr bagi perjuangan anda.
Untuk mengatasi dilema diatas anda dapat memperkejakan karyawan yang benar – benar teliti dan berkualitas tinggi saja. Jangan pekerjaan karyawan yang ceroboh atau yang memiliki prinsip yang penting selesai.

4. Resiko Usaha Katering, Bahan Makanan Naik Turun


Masalah materi baku kuliner yang naik ialah salah satu PR dan hambatan terberat dalam berbisnis kuliner, khususnya yang sedang berbisnis catering. Dan yang paling hebat terkena dampaknya ialah katering bulanan atau katerin yang melayani orang kantoran atau sekolah. Karena ketika harga materi baku melambung tinggi, hanya ada dua pilihan yang dapat diambil. Antara bilang konsumen jikalau materi baku naik, atau memakai materi baku seadanya tapi harga tetap stabil.

Untuk mengatasi dilema ini anda dapat memakai sistem pembayaran mingguan, jadi konsumen anda dapat mempertimbangkan memesan katering lagi atau tidak. Solusi yang kedua yakni dengan menciptakan perjanjian dengan konsumen jikalau sewaktu – waktu harga dapat berubah, seiring dengan harga materi baku.

5. Resiko Usaha Katering, Makanan Akan Basi


Resiko ini tidak hanya dihadapi oleh pebisnis katering saja, tapi semua orang yang menentukan terjun ke dunia kuliner. Makanan yang busuk tentu saja tidak dapat anda jual lagi, sehingga kuliner itu harus anda buang dan anda akan rugi.

Untuk mengatasi dilema ini anda dapat menciptakan kuliner sesuai dengan jumlah yang dipesan oleh pelanggan anda. Atau mungkin anda sediakan saja kuliner yang benar – benar diincar dan dicari oleh para pelanggan anda.

Kesimpulan dari Resiko Usaha Katering dan Solusinya


Dengan membaca resiko dan tips diatas saya harap anda dapat menjadi materi pembelajaran bagi anda yang ingin membuka perjuangan katering rumahan. Dan untuk anda para pemula tidak ada salahnya memulai perjuangan ini, lantaran perjuangan katering termasuk perjuangan yang menjanjikan dan menguntungkan. Selain itu perjuangan ini dapat anda buka walaupun modal anda kecil. Selamat berbisnis, jangan gampang menyerah.