Cara Memulai Perjuangan Katering Rumahan Dan Kantoran


Cara Memulai Usaha Katering Rumahan dan Kantoran Cara Memulai Usaha Katering Rumahan dan Kantoran

Cara Memulai Bisnis Katering Kecil Kecilan – Bisnis katering ialah salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Bisnis ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat, sebab bisnis ini sudah tidak lagi memerlukan modal yang cukup besar.


Ada berbagai pilihan untuk anda yang ingin terjun ke dunia perjuangan katering rumahan, mulai dari katering untuk hajatan sampai katering untuk anak - anak. Karena perjuangan katering ialah perjuangan rumahan yang menguntungkan anda patut mencobanya. Tapi sebelum anda terjun ke perjuangan catering ada sebaiknya anda baca dulu. Cara Memulai Usaha Catering rumahan.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Catering



1. Tentukan Jenis Usaha Katering



1.1 Katering Khusus atau Katering hajatan


Dari beberapa katering lainnya, katering inilah yang paling besar tingkatannya. Katering ini dikhususkan untuk menangani program – program besar, ibarat pernikahan, atau selametan, tentunya dengan jumlah porsi yang sangat banyak. Karena jumlah yang sangat banyak katering ini biasanya dihidangkan dalam model prasmanan.

1.2 Katering Kantoran


Hampir sama dengan katering khusus, katering ini juga termasuk dalam skala besar. Biasanya melayani pesanan untuk program kantor. Model kateringnya pun beragam, mulai dari prasmanan sampai nasi box.

1.3 Katering Rumahan


Katering rumahan biasanya melayani pesanan untuk rumah tangga, karyawan, arisan, pengajaian, atau untuk anak kos. Pesanannya biasanya mulai dari 50 – 100 box.

1.4 Katering Anak


Katering yang satu ini dikhususkan untuk anak – anak sekolah atau bayi. Katering ini biasanya beroperasi pada jam makan siang. Makanan yang disajikan sangat berbeda dengan katering lainnya, katering anak menyediakan kuliner sehat.

2. Modal dan Perlengkapan Usaha Catering


Modal ialah salah satu pondasi penting dalam memulai suatu bisnis atau usaha, khusunya bagi anda yang ingin membuka bisnis katering rumahan. Besar kecilnya modal lah yang nantinya besar lengan berkuasa terhadap laba yang akan didapat.

Modal ada banyak macamnya, mulai dari modal uang sampai modal ide. Modal uang lah yang sering menjadi hambatan calon wirausaha. Terlebih bagi anda yang ingin membuka perjuangan katering, tentunya modal sangatlah penting.

Modal kedua yang paling penting yakni perlengkapan. Perlengkapan sangat diharapkan bagi anda yang ingin berbisnis katering. Ada berbagai perlengkapan yang diharapkan dalam berbisnis katering, mulai dari ruangan sampai alat memasak. Adapun modal dan perlengkapan yang harus disiapkan berbisnis katering yakni :

2.1 Perlengkapan Memasak


Perlengkapan memasak tidak terlalu besar peranannya kalau skala katering anda masih dalam 50 porsi sehari. Tetapi akan beda kalau sudah menginjak ratusan porsi perhari. Anda sudah menginjak ratusan porsi sehari anda membutuhkan peralatan masak yang bisa mengolah banyak kuliner sekaligus. Tetapi untuk anda yang masih dalam skala kecil jangan buru – buru membeli peralatan baru, semoga mengehemat anggaran modal.

2.2 Ruangan/Dapur


Sama halnya dengan perlengkapan memasak, kalau skala katering anda masih puluhan anda tidak perlu membutuhkan dapur yang luas, pakai saja yang ada. Tetapi ketika perjuangan katering anda sudah skala besar sampai ratusan box perhari, sebaiknya anda memikirkan dapur anda. Tujuannya yakni semoga anda dan pegawai anda lebih yummy dalam memasak/bekerja.

2.3 Rak Penyimpanan


Tujuan dibuantnya rak penyimpanan yakni semoga anda dan pegawai anda lebih gampang dalam proses memasak, selain itu dibuatnya rak penyimpanan semoga dapur anda terlihat rapid an bersih.

2.4 Transportasi


Dalam berbisnis katering tentunya harus ada pesan antar. Transportasi memegang tugas penting dalam distribusi barang. Jika katering anda masih dalam skala kecil anda masih bisa memakai sepeda motor saja. Tapi kalau sudah masuk dalam skala besar anda membutuhkan kendaraan beroda empat untuk mengantarkan pesanan.

2.5 Tenaga


Jika anda masih awal dan bru membuka perjuangan katering anda bisa memakai tenaga eksklusif untuk mengurusnaya. Tetapi kalau anda sudah mulai kewalahan tandanya anda membutuhkan pegawai untuk membantu anda memasak.

2.6 Keuangan


Usaha rumahan memang sulit mendapat pinjaman, khusunya perjuangan katering. Makara sebagai langkah awal anda bisa memakai tabungan anda sendiri. Tidak banyak yang diharapkan untuk memulai bisnis katering rumahan. Cukup dengan Rp 500 ribu -  2 juta saja anda sudah bisa membuka bisnis katering rumahan. Untuk langkah awal kerjakan dalam skala kecil terlebih dahulu, sesudah itu sedikit demi sedikit ke skala yang lebih besar.

3. Promosi Usaha Catering


Promosi sangat penting dalam dunia bisnis, tujuannya yakni semoga produk kita lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tanpa promosi bisnis kita tidak akan dikenal oleh masyarakat. Ada banyak jenis promosi yang bisa anda gunakan untuk memasarkan produk anda, ibarat ini contohnya

3.1 Promosi Lewat Media Sosial


Lewat media umum kita bisa memasarkan produk kita, salah satu media umum yang bisa anda gunakan yakni Instagram. Dengan menyebarkan akun untuk bisnis katering kita, semua orang niscaya akan tahu.

3.2 Brosur/Selebaran


Cara ini tergolong efektif tapi memerlukan biaya, tapi hening saja biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan brosur atau selebarang tidak banyak. Anda cukup menciptakan brosur kemudia anda kasihkan ke orang – orang di pinggir jalan.

3.3 Website


Cara ini cocok bagi anda yang bisnis kateringnya sudah masuk dalam skala besar. Selain media promosi website juga bisa anda jadikan sarana untuk memperlihatkan isu kuliner apa saja yang tersedia di bisnis katering anda.

4. Keterampilan Memasak


Seperti yang anda tahu kalau dalam berbisnis katering anda dituntut untuk memiliki keahlian memasak. Bisnis katering anda akan gampang dikenal dan laku diburu pelanggan kalau kuliner yang anda buat yummy dan unik. Tapi akan beda ceritanya kalau kuliner yang anda buat tidak yummy dan rasanya tidak bisa diterima pelanggan anda.


Selain membutuhkan cita rasa yang enak, kuliner anda harus berbeda dengan masakan pesaing anda. Dengan berbeda dengan masakan produsen katering lain anda memiliki ciri khas tersendiri, sehingga bisnis katering anda gampang dikenal dan diingat.

5. Supplier Usaha Catering


Dengan mendapat supplier kita bisa mendapat berbagai keuntungan, salah satunya ialah laba harga. Dengan adanya supplier ini kita bisa mendapat harga miring, selain mendapat harga yang miring. Dengan kehadiran supplier kita mendapat barang yang berkualitas.

Untuk mendapat harga yang miring anda harus jalin kedekatan dulu dengan supplier, selain itu anda juga harus membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak.

6. Harga


Karena anda ialah bisnis katering pendatang, sebaiknya anda patok harga dibawah pesaing anda. Tujuannya yakni semoga bisnis gres anda lebih gampang dikenal, dan menggoda calon pelanggan anda.

Terlebih salah satu pertimbangan orang dalam menentukan katering yakni problem harga, semakin murah harga katering semakin tertarik pula calon pelanggan. Tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas kuliner anda ya.

7. Nama Katering


Usahakan cari nama yang gampang diingat dan memiliki makna yang positif. Keuntungan memiliki nama yang gampang diingat yakni semoga ketika orang mencari bisnis katering yang pertama terngiang ialah bisnis katering anda.

8. Riset


Lakukanlah survei kecil – kecil an ihwal bisnis yang akan anda mulai, tujuannya yakni semoga jalan bisnis anda lebih ter arah. Anda bisa memulai risetnya dengan kuliner katering apa yang paling laku atau bagaimana persaingan bisnis katering di daerah anda.

9. Marketing


Marketing ialah ujung tombak dari setiap bisnis, bisnis tidak akan berjalan lancar kalau team marketingnya jelek. Agar bisnis anda berjalan lancar dan kondisi finansial bisnis anda selalu dalam kondisi baik, sebaiknya anda rekrut orang yang benar – benar hebat dalam dunia marketing.

10. Kreasi dan Inovasi


Dengan berkreasi bisnis katering gres anda akan gampang dikenali orang masyarakat luas. Dengan penemuan pelanggan kita tidak akan bosan dengan kuliner dari katering kita.

Kesimpulan dari Cara Memulai Usaha Katering


Itulah 10 Tips dan Trik Cara Memulai Usaha Katering Rumahan dan Kantoran, semoga bisa menjadi materi pertimbangan dan langkah awal bagi anda yang ingin membuka bisnis katering. 10 Poin diatas ialah tips perjuangan catering untuk pemula, jadi jangan khawatir lagi. Selamat Berbisnis.