Marak Daging Glonggongan, Ini Trik Sederhana Dan Murah Untuk Membedakannya



Saya share cara uji cepat daging glonggong dengan cara yang cukup mudah dan murah.. Nah jika biasanya kita menguji daging glonggong secara manual dengan melihat daging mengkilap berair, kemudian meraba nya untuk mengetahui berair atau tidak. Atau bahkan mengangkat nya untuk mengetahui ada air yg menetes atau tidak. Cara-cara tersebut sudah diakali oleh para oknum pedagang daging yg nakal. Dengan menggantung daging sesaat sesudah disembelih, Lalu dikipasi menggunakan kipas angin yang kenceng. Sehingga daging akan teraba kering dan air tidak menetes. Karena terbentuk lapisan lemak yang mengering di bab permukaan daging.

Uji laboratorium yang dapat dilakukan biasanya yaitu uji kadar air yaitu dengan meng-oven daging dalam suhu 105 C selama tiga jam atau bahkan dapat 24 jam untuk mendapat berat yang konstan. Dan menghitung selisihnya uji ini tidak mengecewakan valid tapi usang dan kurang mudah di lapangan.

Nah uji daging glonggong yang ingin saya perkenalkan ini yaitu dengan menggunakan KERTAS SARING atau filter paper. Harganya sangat murah dapat dibeli di toko alat materi kimia. Bentuknya biasanya lembaran dan dapat dipotong kecil-kecil sesuai kebutuhan.

Caranya cukup gampang. Iris bab daging sapi, kemudian letakkan pada kertas saring ibarat pada foto. Daging glonggong akan menciri dgn adanya zona air meluas yang akan segera terbentuk di sekitar daging. Sementara pada daging normal tidak atau hanya terbentuk kecil.

Alasan ilmiahnya cukup sederhana pemirsa. Daging glonggong akan mengalami penurunan daya ikat air. Sehingga bila kita tempelkan di kertas saring. Airnya akan meresap ke dalam kertas saring cara ini sesungguhnya cukup dapat dijadikan bukti jika dagingnya glonggong atau tidak terutama untuk daging segar.

Namun untuk daging yang telah didinginkan atau daging beku yang telah dicairkan hasil uji pada kertas saring menawarkan ada zona air alasannya yaitu proses membeku dan mencair.. Oleh alasannya yaitu itu pemirsa perlu diciptakan standar kandungan air glonggong atau bukan, dan saya telah melaksanakan penelitian dengan alat uji daging glonggong ciptaan sendiri (dengan bimbingan dosen-doesn FKH UGM) ibarat tampak pada foto.

Alat ini juga cukup sederhana hanya dengan menaruh irisan daging sapi di kertas saring, kemudian menjepitnya dengan kaca. Sehingga terbentuk zona daging dan zona air. Nah hasil penelitian menawarkan jika jarak rerata zona air ke zona daging Dari 4kuadran atau saya simbolkan x1, x2, x3 dan x4 sudah lebih dari skala 10. Berarti daging glonggong dan ini risikonya sama juga untuk daging yang telah didinginkan.

Tanyalah sebelum membeli dan belilah daging dari depot atau kios yang benar-benar menyembelih dari RPH resmi bersertifikat.

Sumber : okezone.com
Sumber http://artikelmenarikdanbermanfaat.blogspot.com/